banner 728x250

Pagelaran Wayang Puncak Acara Peringatan Hari Wayang Nasional di Cilacap

  • Share
banner 468x60

Cilacap – Persatuan Pedalangan Indonesia Kabupaten Cilacap (PEPADI) menggelar pagelaran wayang kulit sebagai puncak Acara Peringatan Hari Wayang Nasional Tingkat Kabupaten Cilacap tahun 2021 dengan mengusung tema “Tingkatkan Kreatifitas Dan Produktifitas Dalang Di Kabupaten Cilacap” , bertempat di Jl. Munggur Barat No. 20, kelurahan Mertasinga, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Sabtu (6/11) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap Drs.Sadmoko Danardono, Pasiops Lanal Cilacap Mayor Laut (P) Subandi, Pasi Intel Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Taryun, Danramil 18/Cilacap Utara Kapten Cba Gunawan, Kapolsek Cilacap Utara AKP Totok Nuryanto,S.H.MM, Camat Cilacap Utara Sunarti,S.STP.MM, Lurah Mertasinga Andri Wahyu Dwiwanto, Ketua Paguyuban Serulingmas Bandung Ir. Jadi Wijaya Supardi dan Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia Kabupaten Cilacap Kuswandi Purwo Jatmiko.

banner 336x280

Dalam sambutan Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia Kabupaten Cilacap Kuswandi Purwo Jatmiko mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena bisa berkumpul bersama dalam rangka Puncak Acara Peringatan Hari Wayang Nasional Tingkat Kab. Cilacap Tahun 2021.

“Berkat dukungan semua pihak dan kordinasi yang baik Alhamdulillah acara ini dapat berjalan dengan lancar, hanya lontaran terimakasih yang dapat kami ucapkan semoga semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara ini mendapat imbalan dari yang Maha Kuasa,” ucap Kuswandi.

Mewakili Pemkab Cilacap Drs. Sadmoko Danardono.M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Cilacap menuturkan momentum hari wayang Nasional kita jadikan tonggak kebangkitan kesenian di Kabupaten Cilacap, mengingat banyak potensi potensi kesenian yang ada.

“Tahun ajaran 2022 dan seterusnya kita harapkan sinergi antara Dinas P dan K dan para seniman,untuk SD dan SMP hukumnya wajib untuk mempelajari,dengan harapan nanti anak didik kita bisa mengenal seni budaya kita. Kebudayaan dan kesenian di Cilacap harus bangkit,agar eksistensi kita semakin diakui oleh negara lain dan ini juga bagian dari penjabaran Bangga Mbangun Desa,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Cilacap Utara Sunarti,S.STP.MM mengatakan dirinya selaku Satgas Kecamatan Cilacap Utara menghimbau agar semua tamu undangan supaya memakai masker tetap patuhi protokol kesehatan. 

“Hari ini adalah hari wayang Nasional yang diselenggarakan terpusat di Cilacap Utara yang ke 3 dan saya apresiasi bahwa wayang saat ini sudah diakui dunia sejak 8 tahun yg lalu. Semoga dengan hari wayang ini akan menambah semangat motivasi dalam menbangun budaya wayang di Kabupaten Cilacap,” katanya.

Lebih lanjut, “Saya ucapkan selamat kepada pengurus PEPADI yang sudah di lantik untuk 3 kecamatan (Cilacap Utara,Cilacap Tengah, Cilacap Selatan), mudah mudahan amanah dapat diemban dengan sebaik baiknya dan dapat memajukan pewayangan di Kabupaten Cilacap,” tutup Sunarti.

Oke

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian