banner 728x250

Survai IDM: Kinerja Kejaksaan dan Polri Memuaskan

  • Share
banner 468x60

Mitradialog.com – Jakarta. Indonesia Development Monitoring (IDM) kembali mensurvei kinerja penegakan hukum. Hasil Jajak Pendapat dengan tema ‘Evaluasi Publik terhadap kondisi penegakan hukum di era pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, akan dilakukan mulai 4 Oktober hingga 16 Oktober 2021.

Direktur Eksekutif IDM Fahmi Hafel mengatakan hukum Penegakan hukum, khususnya kinerja Kejaksaan Agung dan Polri selama dua tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, mulai memberi harapan. Beberapa tanda perbaikan sudah terlihat oleh masyarakat meski persoalan mendasar seperti budaya taat hukum dan mentalitas aparat masih belum terselesaikan.

banner 336x280

Dia menjelaskan, penilaian masyarakat terhadap kondisi penegakan hukum terekam dalam polling yang dilakukan oleh Indonesia Development Monitoring (IDM).

Mayoritas responden (85,7 persen) saat ini menilai kondisi penegakan hukum selama dua tahun pemerintahan ini berjalan baik, bahkan lebih baik, dibandingkan periode sebelumnya menurut publik. Hanya 12,1 persen yang menyatakan kondisi penegakan hukum tidak berjalan dengan baik, dan 2,2 persen tidak memberikan pendapat.

“Persepsi dan sikap masyarakat terhadap lembaga hukum yang berkinerja sangat baik dan membawa banyak perubahan penegakan hukum tergambar dari apresiasi setinggi-tingginya yang diraih Kejaksaan Agung yang diapresiasi masyarakat atas kinerja yang baik dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi, yang diapresiasi oleh 88,6 persen responden,” kata Fahmi Hafel melalui keterangan tertulis, Kamis (4/11/2021).

Sementara itu, Kepolisian Republik Indonesia yang diapresiasi 80,2 persen responden, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diapresiasi 67,6 persen responden, dan Mahkamah Agung 52,1 persen.

Fahmi mengatakan, hasil survei juga mencatat kepercayaan masyarakat tertinggi terhadap lembaga penegak hukum di Kejaksaan Agung (Kejagung) dibandingkan lembaga penegak hukum lainnya. (Hms).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian