banner 728x250

Makna Hari Pahlawan Menurut Dandim 0716/Demak, Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo

  • Share
banner 468x60

 

banner 336x280

DEMAK – Hari ini, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan yang setiap tahun yang jatuh pada tanggal 10 November. Peringatan Hari Pahlawan ini adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah gugur berjuang mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

 

Tahun ini, Indonesia mengambil tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’ dalam memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2021. Peringatan Hari Pahlawan didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur dan ditandatangani oleh Presiden Soekarno. Keputusan ini untuk mengenang jasa pahlawan dan tragedi 10 November 1945 di Surabaya.

 

Menurut Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo, hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November, namun lebih dari pada itu yakni bagaimana cara menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda untuk mengisi kemerdekaan.

 

Ini dimaksudkan agar setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk bersama-sama membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing, sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2021.

 

“Dengan peringatan Hari Pahlawan tahun ini, kita harus bisa meneladani semangat para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan negara kita. Semangat itu harus tetap dipertahankan oleh kita selaku generasi penerus bangsa,” kata Dandim saat ditemui disela-sela kegiatannya, Rabu (10/11/2021).

 

Menurutnya, maksud dan tujuan memperingati Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.

 

Disamping itu, juga untuk membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai NKRI, serta meningkatkan rasa kecintaan serta kebangggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

 

“Dalam peringatan ini, mari kita tundukkan kepala sejenak, kita renungkan dan doakan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Semoga kita semua bisa meneladani mereka. Dan semangat perjuangan mereka bisa menjadi inspirasi kita semua,” tandas Dandim. (pendim0716).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian