banner 728x250

Camat Anjatan Ajak Warga Bangkitkan Gotong Royong

  • Share
banner 468x60

INDRAMAYU. Mitradialog – Musim penghujan yang masih berlangsung di Indonesia membuat beberapa daerah mengalami banjir dan longsor. Hal ini membuat warga yang berada di daerah langganan banjir harus siap sedia mengantisipasi curah hujan tinggi yang berpotensi menimbulkan banjir. Tidak terkecuali di Kabupaten Indramayu yang merupakan daerah hilir.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Indramayu yang berada di dataran rendah merupakan muara dari 14 sungai besar. Kondisi ini memungkinkan Indramayu memperoleh kiriman air yang begitu besar ketika di daerah hulu mengalami hujan. Hal inilah menjadi keprihatinan Camat Anjatan Rory Firmansyah.

banner 336x280

Menyikapi hal ini, Rory Firmansyah melakukan monitoring titik-titik banjir yang ada di wilayah Kecamatan Anjatan. Tidak lupa Rory mengajak seluruh masyarakat di Kecamatan Anjatan khususnya untuk lebih intens dalam menjaga kebersihan lingkungan. Rory mengatakan pentingnya menumbuhkembangkan perilaku gotong royong yang merupakan salah satu budaya luhur bangsa Indonesia.

“Sebagai antisipasi banjir, saya mengajak masyarakat untuk bergotong-royong membersihkan lingkungan. Apalagi sekarang sudah musim hujan, saluran yang dikhawatirkan tersumbat harus dibersihkan, sehingga tidak menjadi penyebab banjir,” ujar Rory disela-sela kegiatan gotong royong, Selasa (04/01/2022).

Camat Anjatan Rory Firmansyah berharap agar gotong royong lebih rutin dilakukan oleh masyarakat dan Pemdes yang ada di Kecamatan Anjatan. Hal ini selain sebagai salah satu upaya untuk mencegah banjir, juga untuk membuat lingkungan lebih bersih.

“Tujuan utama kegiatan gotong royong tak hanya sekedar mencegah banjir tapi juga untuk kebersihan lingkungan menjadi lebih rapi, serta menghindari munculnya penyakit akibat kawasan yang kotor,” sambungnya.

Gotong royong kali ini dilaksanakan di lingkungan Desa Anjatan Utara. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala desa dan jajaran Pemerintah Desa Anjatan Utara, para RT, dan warga Desa Anjatan Utara. Diharapkan dengan melakukan kegiatan gotong royong secara rutin, kebersihan akan semakin terjaga, lingkungan akan lebih tertata, masyarakat akan menjadi sehat, dan juga terhindar dari banjir.

“Kalau lingkungan bersih, lingkungan juga menjadi sehat. Kemudian kalau bersih yang merasakan adalah warga, jadi kita ingatkanlah untuk rutin gotong royong. Apalagi ini sudah masuk musim hujan, supaya tidak banjir,” pungkasnya. (Diskominfo Indramayu).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian