banner 728x250

Hadiri Kegiatan Update Peta Sanitasi, Ini Yang Disampaikan Babinsa Cilopadang 

  • Share
banner 468x60

Cilacap –  Masalah sanitasi harus diselesaikan secara bersama-sama, agar wilayah Kecamatan Majenang, khususnya Desa Cilopadang sudah masuk dalam kategori Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. 

Hal tersebut dikatakan Babinsa Cilopadang Koramil 13 Majenang Sertu Darsono saat menghadiri kegiatan Update Peta Sanitasi dari Puskesmas Majenang I yang digelar di Balai Desa Cilopadang, Kecamatan Majenang, Selasa (4/1/22).

banner 336x280

Lebih lanjut dia mengatakan, peta sanitasi adalah peta yang dibuat untuk menentukan lokasi rumah, sumber daya yang tersedia dan permasalahan sanitasi yang terjadi dalam bentuk gambar. Dan kaitannya dengan hal ini sebagai Aparat Kewilayahan, pihaknya akan mendukung Tim Kesehatan dari Puskesmas dalam program sanitasi, untuk memetakan karena masih banyak warga khususnya di desa Cilopadang yang belum terselesaikan.

“Sudah menjadi tugas Babinsa untuk ikut serta mensukseskan program pemerintah terutama dalam menjadikan wilayah Kabupaten Cilacap menjadi wilayah bebas ODF. Itu menjadi tugas kita semuanya untuk mewujudkannya,” tegasnya.

Sebelumnya, hal yang sama juga disampaikan Kepala Desa Cilopadang Warso Al Suwondo. Pihaknya sangat mengapresiasi semangat Kader Kesehatan Desa Cilopadang, yang telah membantu Pemerintah desa dalam program Jambanisasi yang dipelopori oleh Tim dari Puskesmas Majenang I.

“Mari kita selesaikan masalah Jambanisasi/sanitasi ini bersama-sama, karena luasnya desa Cilopadang masih ada yang belum terselesaikan dan akan terus dioptimalkan sehingga kedepannya diharapkan Desa Cilopadang bisa menjadi Desa ODF dan Bebas BABS”, ujarnya. 

Di kesempatan yang sama, Kepala UPTD Puskesmas Majenang I Sri Wahyuni, SKM,  selaku Pemegang Kesehatan Lingkungan Puskesmas Majenang I menyampaikan tentang Update Peta Sanitasi dengan tujuan untuk mengecek atau meninjau kembali data yang lama atau yang sudah ada.

Terkait perubahan perilaku warga yang dulunya masih menumpang di tetangga, dan sekarang sudah mempunyai sanitasi sendiri. Nanti di peta akan diberi warna dan keterangan, sesuai yang ada di buku petunjuk”, ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir Kepala UPTD Puskesmas Majenang I Sri Wahyuni, SKM, Babinsa Cilopadang Sertu Darsono, Kasie Kesra Kecamatan Majenang Doyo Bagus, SE, Kepala Desa Cilopadang Warso Al Suwondo, Bidan Desa, Kader Kesehatan, Ketua RT, RW dan FKD Desa Cilopadang.

Di Akhir kegiatan, Kasi Kesra Kecamatan Majenang Doyo Bagus menyampaikan tentang Sanitasi total yang merupakan kondisi ketika suatu komunitas atau kelompok untuk Tidak buang air besar (BAB) sembarangan, Mencuci tangan pakai sabun, Mengelola air minum dan makanan yang aman, Mengelola sampah dengan benar, Mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

(Urip/13)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian