banner 728x250

TNI Bersama Warga Atasi Tanah Longsor di Kecamatan Lebakbarang

  • Share
banner 468x60

Pekalongan, mitradialog.com – Hujan lebat dengan intensitas tinggi pada Senin siang hingga sore (10/1/22) membuat 4 titik di wilayah Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan mengalami bencana alam tanah longsor.

Terpantau 4 titik wilayah yang mengalami tanah longsor adalah di Desa Sidomulyo, tepatnya 1 titik di dukuh Penambangan, 2 titik di Dukuh Sipetung dan 1 titik lagi di Desa Parakan yang mengakibatkan sejumlah ruas jalan Desa terputus karena tertutup material longsoran.

banner 336x280

Danramil 17/Lebakbarang Kapten Inf Budiarto saat memimpin kerja bakti pembersihan material longsoran mengatakan, upaya TNI khususnya Kodim 0710/Pekalongan dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat karena terdapat bencana alam tersebut adalah dengan bergotong royong bersama warga dan instansi lainnya membersihkan material yang menutup akses jalan.

” Akibat hujan yang cukup tinggi kemarin sore, ada 4 titik wilayah yang mengalami bencana alam tanah longsor, kita langsung berkoordinasi dengan camat, BPBD serta masyarakat setempat untuk bekerjasama gotong-royong membersihkan material longsoran ini”,jelas Danramil.

Dikarenakan lokasi longsoran ada beberapa titik sehingga Kodim 0710/Pekalongan mengirimkan 1 Peleton Pasukan untuk membantu warga membersihkan material longsoran tersebut, dengan harapan agar cepat bersih dan jalan bisa segera dilewati kembali.

” Dari Kodim mengirimkan 25 orang prajurit ditambah dengan anggota Koramil 17/Lebakbarang, harapan kami seluruh titik longsor bisa segera tertangani dan masyarakat bisa beraktivitas normal kembali”,pungkas Danramil.

Sementara itu Warno, Kepala Dusun Penimbangan yang juga turut terjun langsung dalam kerja bakti tersebut mengungkapkan, adanya pasukan TNI dari Kodim 0710/Pekalongan yang ikut membantu masyarakat dalam membersihkan material longsoran tersebut dirinya sangat apresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kepedulian TNI yang tanggap bencana.

” Saya mewakili warga mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak TNI dari Kodim 0710/Pekalongan, yang sudah bersama-sama dengan masyarakat melaksanakan kerja bakti pembersihan material longsoran ini”, ungkapnya.

Dirinya juga berharap kepada pemerintah daerah untuk memberikan bantuan dan perhatian berupa pembuatan senderan penahan bahu jalan yang sudah tergerus oleh longsor. “Kami berharap pemerintah daerah bisa membantu dengan membuat senderan penahan bahu jalan sehingga apabila terjadi hujan lagi tidak terjadi longsor yang bisa memutus jalan ini”, pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan kerja bakti pembersihan material longsoran tersebut adalah, TNI Kodim 0710/Pekalongan, Polres Pekalongan, BPBD, Perhutani, Camat Kecamatan Lebakbarang, Kepala Desa Sidomulyo beserta Masyarakat Desa setempat.(rus)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian