banner 728x250

Dandim 0616/Indramayu Hadiri Kunker Direktorat Jenderal PDSPKP RI

  • Bagikan

INDRAMAYU | MITRA DIALOG – Dandim 0616/Indramayu Letkol Inf Teguh Wibowo. S.Sos menghadiri Kunker Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan RI Artati Widiarti di Area Pangkalan Pendaratan Ikan Karangsong Desa Karangsong Kec/Kab Indramayu Dalam Rangka Ground Breaking Pembangunan Gudang Beku (24/01/2022)

Pada kesempatan Kunker turut hadir Direktur logistik PDSPKP RI Bapak Perry, Inspektorat jenderal PDSPKP RI Ibu Lina Herlina, Kadiskanla Provinsi Jawa Barat Bpk. Ir Hermansyah, M,Si.

Sementara para pejabat daerah yang hadir antara lain, Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina, S.H,.M.H,.C.R.A, Anggota DPRD, Indramayu, H Ahmad Fatoni, S.E,

Kapolres Indramayu, AKBP Mohamad Lukman Syarif, S.I.K,.M.H, Kajari Indramayu, Denny Ahmad,  S.H,.M.H, Ketua Pengadilan Negeri Indramayu, Indrawan, S.H,.M.H, Sekda Indramayu, Drs Rinto Waluyo, M.Pd, Asda II Setda Indramayu, H Maman Koestaman, S.H, Kepala UPP Syah Bandar Indramayu, Capt Oka Harry Putranto, S. SIT.MM.Tr, Kadiskanla Kab Indramayu, Ir Edi Umaedi, M.Si,

Ketua KUD KPL Mina Sumitra, H. Sudarto, Kordinator Wilker PSDKP Karangsong, Indramayu, Yetti Puspita Sari, SH, Para kelompok ikan nelayan koperasi mina sumitra karang song.

Ditjen PDSPKP Ibu. Artati Widiarti beserta Rombongan yang didampingi oleh Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H,.M.H,.C.R.A, serta Dandim 0616/Indramayu Letkol Inf Teguh Wibowo S.Sos dan Kapolres Indramayu, AKBP Mohamad Lukman Syarif, S.I.K,.M.H dan Unsur Muspida lainnya bergerak dari Pendopo Kab. Indramayu menuju Pembangunan Gudang Beku Karangsong Kab. Indramayu.

Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H,.M.H,.C.R.A menyampaikan. Atas nama pribadi dan pemerintah daerah Kab Indramayu mengucapkan selamat datang kepada Direktur Jenderal penguatan daya saing produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di Kab Indramayu.

Keberadaan gudang beku atau coold Storage menjadi suatu hal yang sangat penting bagi masyarakat Indramayu, karena sebagian masyarakat Indramayu memiliki potensi pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang sangat besar mulai dari usaha perikanan tangkap perikanan, pembudidayaan, penggaraman dan pengelolaan hasil ikan.

Oleh karena itu sektor kelautan yang cukup besar di Kab Indramayu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin terus ditingkatkan. Adapun kontribusi produksi perikanan tangkap untuk provinsi Jawa Barat cukup besar yaitu sekitar 61% dan untuk TPI Karangsong penyumbang 80% produk perikanan tangkap Kab Indramayu.

“Dengan adanya pembangunan gudang beku di Karangsong menjadi kebahagiaan bagi kami di Kab.Indramayu dengan kapasitas 300 ton gudang beku akan dibangun tentu menjadi gudang beku yang mempunyai kapasitas terbesar di wilayah Kab. Indramayu” ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya gudang beku ini dapat mengatasi kesulitan akses pemasaran ikan hasil tangkapan nelayan yang belum dapat dipasarkan dan juga bisa disimpan sambil menunggu harga ikan stabil dengan tetap mempertahankan mutu ikan serta menjamin ketersediaan stok ikan konsumsi masyarakat

Sementara itu menurut Artati Widiarti puji dan syukur selalu kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas limpahan rahmat serta hidayahnya kita semua masih diberi kesehatan untuk bersama-sama menghadiri kegiatan ini.

Mengucapkan terimakasih kasih juga disampaikan atas kehadiran Ibu Bupati, Dandim 0616/Indramayu, Kapolres Indramayu dan jajaran lain yang hadir dalam kegiatan ini. Sebelumnya kami sudah pernah menbangun Konsturid Gudang beku dengan kapasitas 150 ton dan 20 ton mudah-mudahan bisa bermanfaat dan sudah membantu kelancaran bisnis Kelautan dan perikanan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam periode ini tahun 2021 sampai 2024 mempunyai 3 terobosan yaitu Penangkapan terukur berbasis kuota berbasis panjang yang menguntungkan bagi anak cucu kita, Pengembangan berbudaya ekspor dengan 4 macam komuditas yang akan dikembangkan seperti udang, lopster, kepiting dan rumput laut, Pengembangan berbasis budidaya kearipan lokal komuditas-komudis yang ada diwilayahnya dengan tujuan untuk penyelamatan-penyelamatan endemik di daerah tersebut.

Kegiatan pada hari ini akan menambah semangat kita semua dalam upaya meningkatkan sektor kelautan di Kabupaten Indramayu dengan adanya gudang beku, hal penting ini karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Indramayu merupakan kabupaten yang memiliki potensi pengelolaan sumber daya Kelautan dan Perikanan yang sangat besar begitu pula keragaman usaha ekonomi sektor Kelautan dan Perikanan nya cukup lengkap mulai dari usaha perikanan tangkap, perikanan budidaya penggaraman rakyat dan pengolahan hasil perikanan.

Oleh karena itu sektor kelautan yang besar di Kabupaten Indramayu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin terus ditingkatkan adapun kontribusi produksi perikanan tangkap Kabupaten Indramayu cukup besar yaitu mencapai 61% dan untuk TPI Karangsong bisa penyumbang sampai 80% dari hasil produksi perikanan tangkap.

Adanya pembangunan gudang beku di Karangsong menjadi kebahagiaan bagi kami dimana pembangunan gudang beku tersebut dengan kapasitas 300 ton, ini tentu menjadi gudang beku yang mempunyai kapasitas terbesar di Kabupaten Indramayu, untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Semoga berjalan lancar dan dapat langsung digunakan.

Diharapkan dengan adanya gudang beku dengan kapasitas 300 ton ini dapat mengatasi kesulitan akses pemasaran ikan hasil tangkapan para nelayan dimana saat ini Kab. Indramayu hanya memilik kapasitas gudang beku 100 ton, dengan harapan besar Ibu Bupati bisa terus ditambah dan ditambah.

Harapan saya dengan adanya pembangunan gudang beku ini segera bisa meningkatkan kesejahtraan kelompok-kelompok nelayan.

Pemaparan oleh terkait dengan pembangunan Gudang Beku yang dipaparkan oleh Kadiskanla Kab Indramayu, Ir Edi Umaedi, M.Si.

Peresmian pembangunan Gudang Beku dengan simbol peletakan batu pertama dan penanaman pohon oleh Ditjen PDSPKP dan Bupati Indramayu. (Budi/Pendim)

 

 

 

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesian