banner 728x250

Kasus Positif Melonjak Lagi, Pemkab Cilacap Gelar Rakor Penanggulangan Covid

  • Bagikan

Cilacap – Setelah sebelumnya Kabupaten Cilacap zero Covid 19, saat ini grafik harian covid 19 kembali menunjukan peningkatan, hal ini terlihat dari angka kasus positif yang mulai melonjak.

Terkait hal tersebut, Pemkab Cilacap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penanganan Covid 19, bertempat di Ruang Prashanda, Rumah Dinas Bupati Cilacap, Jln. Jenderal Sudirman, No.32 Cilacap, Rabu (2/2/2022). Rakor dilakukan guna mengambil langkah langkah antisipasi untuk menekan peningkatan kasus positif dan mencegah timbulnya korban jiwa bagi warga masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, S. STP., MSI, (Kapolres Cilacap AKBP. Eko Widiantoro, S.I.K M.H, Kasdim 0703/Cilacap Mayor lnf Drs. Abdul Asis Lallo, Pasop Lanal Mayor Laut (P) Subandi, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Hendri Tobing, S.H., M.H, Sekda Kab. Cilacap Drs. Farid Ma’ruf, S.T., M.M, Wakil Ketua DPRD Cilacap Purwati, S.Pd, Kepala Dinkes Kab. Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si, Ka Kesbangpol Cilacap, Bpk. Taryo, S. Sos M.Si, Kasatpol PP Cilacap Luhur Satrio Muchsin, S.STP., M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap Sadmoko Danardono, Kepala Dishub Kab. Cilacap Tulus Wibowo, S.H., S.Pd., M.Si, para Asisten Setda Kabupaten Cilacap, para Camat se Wilayah Kota Cilacap.

Dalam sambutannya Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji mengatakan waktu dulu Kabupaten Cilacap sudah diperingatkan oleh semua pihak, bahwa Cilacap itu vaksin kita rendah dan yang paling tinggi kematian, maka semuanya berdoa bukan diam tapi kita harus bagaimana cara kita berbuat terbaik tentang penanganan Covid 19 ini.

” Bagaimana kita menyelamatkan nyawa manusia ini yang paling tinggi, bagaimana penduduk jangan sampai terdampak Covid 19 ini. Alhamdulillah Cilacap masalah vaksinasi tergolong paling sukses di Jateng mulai sekarang yang vaksinasi sudah 84%, ini sesuai target yang ditargetkan oleh Bupati, Dandim dan Kapolres. Waktu menghadap Pak menteri kesehatan kita targetnya 80% akhir tahun tapi kita bisa melampaui,” katanya.

Lebih lanjut, ” Saat ini, Vaksinasi untuk anak-anak sudah 98% tinggal 2% lagi, nah, untuk menyelamatkan nyawa manusia yang ada di Cilacap hari ini kita mengadakan rapat ini yaitu rapat penting masalah menanggulangi tindakan-tindakan untuk perang melawan Covid 19 ini,” tandasnya.

Kadinkes Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si memaparkan asesmen Situasi Covid 19 per 31 Januari 2022 Cilacap Jateng berada di level 1.

” Pohon Tracking kasus Omicron di wilayah Kab. Cilacap, Kasus 1 di Grugu Kawunganten. Perjalanan dari Papua, Kasus 2 di Doplang Adipala perjalanan dari Korea Utara, Kasus 3 di Gumilir Cilacap Utara dari perjalanan Korea utara dan Kasus 4 di Kuripan kesugihan dari perjalanan Korea Utara,” paparnya.

Langkah langkah dan tindakan yang dilaksanakan oleh Pemda Cilacap antara lain Meningkatkan 3T dan 11 yaitu Tracing masif Testing agresif Treatment efektif dan Isolasi intensif, Tracing masif meliputi minimal 15 Kontak Erat per 1 asus baru. Testing agresif sesuai target di Inmendagri yaitu minimal 268 tes/hari dan Treatment efektif yaitu

Menggunakan panduan pengobatan terbaru dari Kemenkes dan Organisasi Profesi

” Kolasi Intensif, Isolasi mandiri untuk yang tanpa gejala dan memenuhi syarat, baik syarat kondisi pasien maupun kondisi rumah, Isolasi terpusat untuk yang tanpa gejala atau gejala ringan dan tidak memenuhi syarat untuk lsoman dan Rawat inap di RS untuk yg bergejala sedang dan berat,” tandasnya. Oke

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesian