banner 728x250

Temukan Kasus Akte Palsu, Disdukcapil Bersikap Tegas

  • Bagikan

Indramayu!!MITRA DIALOG – Kasus pemalsuan dokumen Akte Kelahiran ditemukan dalam pengurusan dokumen calon TKW asal Indramayu.

Disdukcapil mengungkap dokumen Akte Kelahiran Palsu setelah petugas tidak menemukan nomor registrasi pada arsip disdukcapil sehingga tidak dikeluarkan rekomendasi keabsahannya. Hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan bisa bisanya dolumen yang mirip asli plus dan stempel basah dan tanda tangan pejabat kadis H Yan Mulyantoro tertanggal tahun 2013 ternyata diketahui palsu.

Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Hj Yayah Mulyasih SE.M.Si didampingi Kasi Kelahiran Tarmidi SH saat dikonfimasi membenarkan adanya kasus tersebut, dugaan kuat ini dilakukan oleh oknum pengerah jasa tenaga kerja ke luar negeri demi untuk melolosan calon TKW bisa memenuhi persyaratan administrasi.

” Setahu saya untuk pengurusan TKW khususnya paspor harus menunjukan akte kelahiran dan ijasah peluangnya disitu.” Tutur Hj Yayah.

Ia juga mengingatkan masyarakat kasus pemalsuan dokumen termasuk dokumen kependudukan bisa dikenakan pelanggaran pidanan KUHAP 263 pasal 1 dan 2 dengan ancaman pidana kurungan.

Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Hj. Yayah Mulyasih., SE. MSi. (Gambar Dokumen).

” dari pada kena pidana sebaiknya di urus resmi ke disdukcapil syaratnya mudah surat keterangan lahir, buku nikah, KK dan KTP orang tua,” tutur dia.

Pembuatan dokumen kependudukan berdasarkan Perda no 9 tahun 2015 adalah gratis alias tidak dipungut biaya.” Kalau masyatakat ngirus sendiri tanpa calo atau pelantara ya gratis. Kalau ada biaya biasanya karena alasan transpot calo atau perantara selama pengurusan dokumen, hal itu diluar tanggungjawan dan rana kami.” Pungkasnya.( ichsan SH ).

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesian