banner 728x250

Desa Surajaya Menjadi Kampung Pancasila, Danramil Pemalang Berpesan Jaga Kerukunan Umat

  • Bagikan

Mitradialog.com | Pemalang – Desa Surajaya kecamatan Pemalang kabupaten Pemalang dapat dikatakan sebagai miniatur Indonesia, sebab di desa tersebut kehidupan sosial kemasyarakatan begitu beragam, mulai penganut agama yang bermacam – macam, kesenian dan budaya yang beraneka ragam. Semua hidup rukun.

Hal ini yang disampaikan Danramil 01/Pemalang Kodim 0711/Pemalang Kapten Arm Eko Budiharjo saat pencanangan desa Surajaya kecamatan Pemalang kabupaten Pemalang oleh Camat Drs. Sis Muhammad M., di balai desa Surajaya, Selasa (19/4/2022).

Pencanangan kampung Pancasila ini menurut Danramil, sebagai wujud toleransi yang ada di wilayah Kodim 0711/Pemalang atas keragaman agama yang ada namun semua bisa hidup secara berdampingan dengan rukun dan begitu indah.

“Desa Surajaya kita canangkan sebagai Kampung Pancasila dan akan diikuti desa-desa lain di wilayah Kodim 0711/Pemalang. Semoga Desa Surajaya semakin maju dan semakin makmur dengan masyarakat yang penuh perbedaan tetapi satu sama lain selalu menjaga kerukunan umat”, tambahnya.
“Dibentuknya kampung Pancasila bertujuan untuk menjaga dan memelihara Pancasila sebagai Ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat. Sehingga dapat menangkal faham-faham radikal yang berupaya memecah belah persatuan”, pungkas Kapten Eko.

Camat Pemalang Drs. Sis Muhammad M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa desa Surajaya merupakan desa pertama kali yang dicanangkan sebagai desa Pancasila di kecamatan Pemalang sudah sepantasnya. Desa Surajaya dijadikan desa Pancasila karena merupakan desa yang sangat majemuk terdiri dari berbagai macam agama tetapi sangat rukun dan damai Pancasila merupakan lambang dasar Negara Indonesia sebagai simbol bangsa yang di dalamnya memiliki arti dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

“Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan inisiatif pencanangan desa Surajaya sebagai desa Pancasila. Kita semua penuh perbedaan karena perbedaan itu penting tetapi bukan berarti kita bermusuhan akan tetapi dengan perbedaan kita harus bersatu dan lebih rukun karena kita merupakan warga negara Indonesia yang terbingkai dengan Bhineka Tunggal Ika”, Pungkas Camat.

Sementara pada kesempatan yang sama Kades Surajaya Wasno (54), menyampaikan dengan dicanangkannya desa kami menjadi kampung Pancasila mudah – mudahan seluruh masyarakat dapat menghormati dan menjaga nilai – nilai Pancasila dengan sebaik-baiknya.

Wasno berharap, semoga desa Surajaya dapat menularkan ke desa-desa lain mencintai NKRI dan cinta Pancasila.,

Acara pencanangan kampung Pancasila di Desa Surajaya ditandai dengan pemukulan gong oleh Camat Pemalang yang disaksikan unsur Forkopimca dan dihadiri Kepala desa dan perangkat, tokoh lintas agama, Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta masyarakat sekitar.,(Pendim0711)

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EnglishIndonesian